Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU
Novitasari
1 day ago

Tugas Tukang Cat Bangunan Gedung

Tugas Tukang Cat Bangunan Gedung

Gambar Tugas Tukang Cat Bangunan Gedung

Tugas Tukang Cat Bangunan Gedung

. Pengecatan adalah melakukan kegiatan pelapisan pada permukaan misalnya dinding, kayu, metal/besi dan lain-lain. dengan menggunakan material cat dengan tujuan untuk melindungi permukaan tersebut dari kerusakan akibat cuaca, jamur, greasedan noda lainnya, serta memperindah tampilan permukaan bidang tersebut.

Tujuan Utama Tukang Cat Bangunan. Melakukan pengecatan bangunan gedung baik interior maupun eksterior pada permukaan dinding/ tembok, kayu dan besi/metal.



Fungsi Kunci Tukang Cat Bangunan

  1. Melakukan persiapan pekerjaan pengecatan bangunan gedung
  2. Melaksanakan pekerjaan pengecatan bangunan gedung
  3. Menjaga kebersihan lingkungan

Fungsi Utama Tukang Cat Bangunan

  1. Melakukan pengaturan kegiatan pengecatan, penanganan material cat, serta peralatan dan perlengkapa
  2. Melakukan persiapan lapangan pekerjaan pengecatan

Tugas Kerja Tukang Cat Bangunan Gedung

  1. Mengatur kegiatan pengecatan. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam mengatur kegiatan pengecatan. Hal ini Unit ini berlaku untuk melakukan dan/atau mengatur kegiatan pengecatan, meliputi: pengaturan ruang penyimpanan material cat, material cat, bahan campuran untuk penambalan, peralatan dan perlengkapan, dan perlengkapan keselamatan dan kesehatan kerja.
  2. Melakukan Penanganan Material Cat. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan penanganan material cat. Hal ini berlaku untuk melakukan penanganan material cat, meliputi: melaksanakan bongkar/muat material pengecatan gedung, melaksanakan pengiriman material pengecatan, melakukan penyimpanan material cat di lapangan, dan menghitung jumlah persediaan material cat.
  3. Melakukan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Pengecatan. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan pemeliharaan peralatan dan perlengkapan pengecatan. Hal ini berlaku untuk melakukan pengatur peralatan dan perlengkapan pengecatan, meliputi: memelihara kuas cat, memelihara roll cat, dan memelihara alat pengerik cat.
  4. Melakukan Persiapan Lapangan Untuk Pengecatan. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan persiapan lapangan untuk pengecatan. Hal ini berlaku untuk melakukan pengaturan persiapan lapangan untuk pengecatan, meliputi: menyiapkan pengamanan untuk area pengecatan, mengatur material pengamanan untuk area pengecatan, melakukan pengaturan pengamanan untuk area pengecatan, dan melakukan persiapan di area pengecatan.
  5. Melakukan Persiapan Untuk Pekerjaan Pengecatan Baru. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan persiapan untuk pekerjaan pengecatan baru. Hal ini berlaku untuk melakukan pengaturan persiapan untuk pekerjaan pengecatan baru, meliputi: melakukan pengerikan permukaan pada area pengecatan, membersihkan kotoran/debu pada area pengecatan, membersihkan gemuk/minyak pada area pengecatan, melakukan penambalan permukaan untuk pengecatan baru, dan melakukan penghalusan permukaan untuk pengecatan baru.
  6. Melakukan Persiapan Bidang Permukaan Untuk Pengecatan Ulang. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan persiapan bidang permukaan untuk pengecatan ulang. Hal ini berlaku untuk melakukan pengatur persiapan bidang permukaan untuk pengecatan ulang meliputi: membawa alat penyemprot/water jet permukaan untuk persiapan pengecatan ulang, menghilangkan jamur sebelum pengecatan ulang, menghilangkan noda sebelum pengecatan ulang, melakukan penambalan permukaan pada pengecatan ulang, dan melakukan penghalusan permukaan sebelum pengecatan ulang.
  7. Melakukan Pekerjaan Pengecatan. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan pengecatan. ini berlaku untuk melakukan pelaksanaan pekerjaan pengecatan, meliputi: menyiapkan material cat, melakukan pengecatan bagian dalam gedung, melakukan pekerjaan harian di tempat kerja pengecatan, melakukan pengecatan bagian luar gedung, melakukan pengecatan pada permukaan besi/metal, dan melakukan pengecatan pada permukaan kayu.
  8. Membersihkan Lapangan Pengecatan. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam membersihkan lapangan pengecatan. Hal ini berlaku untuk melakukan pengelolaan kebersihan lapangan pengecatan, meliputi: pemindahan material cat dan peralatan dari lapangan, membongkar dan memindahkan rambu pengaman, memindahkan kontainer cat kosong, membongkar tempat penyimpanan cat, dan membersihkan puing/sisa pengecatan dari lapangan.

Referensi
Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 310 Tahun 2016 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerjanasional Indonesia Kategori Konstruksi, Golongan Pokok Konstruksi Khusus Pada Jabatan Kerja Tukang Cat Bangunan Gedung

Tags:

About the author
Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU

Novitasari

Halo, nama saya Novitasari, seorang konsultan bisnis profesional yang berfokus pada membantu perusahaan-perusahaan dalam memperoleh Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola proses perizinan dan mengoptimalkan regulasi bisnis untuk berbagai industri.

Sebagai seorang konsultan bisnis, visi saya adalah untuk memberdayakan perusahaan-perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan yang berkelanjutan. Saya percaya bahwa proses perizinan yang efisien dan berbasis risiko adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks.

Salah satu bidang keahlian saya adalah Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). OSS-RBA adalah sistem perizinan berbasis daring yang telah diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk mempermudah perizinan usaha. Saya membantu perusahaan dalam memahami dan mengikuti proses OSS-RBA dengan lancar, termasuk pengisian dokumen, koordinasi dengan lembaga terkait, dan mengatasi potensi risiko yang terkait.

Selain OSS-RBA, saya juga berfokus pada Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya membantu perusahaan dalam menyusun strategi perizinan yang efektif, mengidentifikasi potensi risiko, dan mengelola kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang relevan.

Kerjasama dengan saya sebagai konsultan bisnis akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan Anda. Saya berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat waktu, akurat, dan inovatif untuk membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. Dengan dukungan saya, perusahaan Anda dapat mengurangi hambatan birokrasi, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih menguntungkan.

Jika perusahaan Anda sedang mempertimbangkan untuk memperluas usaha atau menghadapi perubahan regulasi, saya siap membantu. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk mendiskusikan bagaimana saya dapat mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan Anda.

Pbumku.com membantu melakukan Persiapan Tender Perusahaan

Dari perencaan mengambil bidang usaha, kualifikasi sampai dengan persiapan dokumen tender dengan tujuan untuk Memenangkan Proyek


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Pbumku.com sebagai konsultan bisnis, berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis yang inovatif dan efektif untuk perusahaan di berbagai industri. Tim kami yang terdiri dari para ahli di bidang strategi, keuangan, dan operasi akan bekerja sama dengan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, termasuk analisis pasar, perencanaan strategis, dan pengembangan bisnis. Dengan pengalaman kami yang luas dan metode yang teruji, kami yakin dapat membantu perusahaan Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih sukses.

Jasa Bantuan Penerbitan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi

Berbagai persyaratan terbaru, kami memastikan semua dokumen perusahaan sesuai dengan aturan baru, sehingga perusahaan dapat fokus untuk mengikuti tender atau pengadaan. Percayakan kepada tim kami untuk proses Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp