Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU
Novitasari
1 day ago

Tugas Pelaksana Lapangan Pekerjaan Bangunan Pengaman Pantai

HSE.co.id - Tugas Pelaksana Lapangan Pekerjaan Bangunan Pengaman Pantai. Sub bidang dalam pekerjaan ini adalah Sumber Daya Air (SDA). Deskripsi pekerjaan tersebut adalah Melaksanakan pekerjaan bangunan pengaman pantai sesuai dengan aturan yang berlaku. Berikut adalah Tugas Kerja Pelaksana Lapangan Pekerjaan Bangunan Pengaman Pantai.

Menerapkan ketentuan Undang-undang Jasa Konstruksi (UUJK), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), lingkungan dan mutu.

Tugas-tugas yang harus dilakukan :
  1. Dalam pelaksanaan tugas harus menerapkan ketentuan peraturan perundang-undangan jasa konstruksi dan Standard Operation Procedure (SOP). khususnya pasal-pasal dalam UUJK yang menyangkut kewajiban dan tanggung jawab Penyedia Jasa .
  2. Menjaga dan menjamin dilaksanakannya ketentuan Sistem Manajemen K3 pada pelaksanaan pekerjaan bangunan pengaman pantai
  3. Mencegah pencemaran lingkungan kerja pada pelaksanaan pekerjaan bangunan pengaman pantai
  4. Melaksanakan prosedur sistem manajemen mutu (Quality Assurance) pekerjaan pada setiap kegiatan pelaksanaan pekerjaan bangunan pengaman pantai.

Melakukan Identifikasi dan interpretasi dokumen kontrak dan rencana mutu kontrak.

Tugas-tugas yang harus dilakukan :
  1. Mempelajari dan memahami semua ketentuan, peraturan dan prosedur kerja dalam dokumen spesifikasi pekerjaan bangunan pengaman pantai.
  2. Mempelajari, memahami dan menganalisa dokumen gambar pelaksanaan, BOQ dan risalah penjelasan pekerjaan bangunan pengaman pantai.
  3. Mempelajari dan memeriksa Jadwal pelaksanaan pekerjaan, Jadwal pengadaan sumber daya dan metode pelaksanaan pekerjaan bangunan pengaman pantai dapat dilaksanakan.

Membuat program kerja mingguan dan metode pelaksanaan secara detail.

Tugas-tugas yang harus dilakukan :
  1. Melakukan pengamatan di quarry, borrow area, jalan kerja, lokasi pekerjaan dan sosial budaya disekitar lokasi pekerjaan saat pelaksanaan dimulai yang dapat mempengaruhi rencana program kerja mingguan dan metode pelaksanaan pekerjaan bangunan pengaman pantai.
  2. Membuat perbaikan metode pelaksanaan pekerjaan secara detail berdasarkan hasil pengamatan dilapangan saat pelaksanaan mengalami perubahan.
  3. Membuat perbaikan jadwal pelaksanaan mingguan berdasarkan hasil pengamatan dilapangan saat pelaksanaan mengalami perubahan.
  4. Menjaga lingkungan kerja supaya tidak terganggu.

Melaksanakan pekerjaan persiapan lapangan.

Tugas-tugas yang harus dilakukan :
  1. Melaksanakan pendekatan kepada aparatur pemerintah daerah, masyarakat dan tokoh masyarakat agar ikut menjaga ketertiban dan melakukan pengawasan pelaksanaan pekerjaan
  2. Memobilisasi sumber daya, baik internal maupun mitra kerja ke lokasi pekerjaan
  3. Membuat prasarana jalan dan bangunan sementara untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan bangunan pengaman pantai

Melaksanakan pekerjaan fisik bangunan pengaman pantai.

Tugas-tugas yang harus dilakukan :
  1. Mengisi formulir isian pelaksanaan (request pekerjaan) sesuai urutan tahap pelaksanaan untuk mendapat persetujuan dari pengawas pekerjaan.
  2. Melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan fisik konstruksi groin / jetty sesuai gambar pelaksanaan, spesifikasi, Jadwal pelaksanaan dan metode pelaksanaan.
  3. Melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan fisik konstruksi dinding pantai sesuai gambar pelaksanaan, spesifikasi, Jadwal pelaksanaan dan metode pelaksanaan.
  4. Melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan fisik konstruksi pemecah gelombang sesuai gambar pelaksanaan, spesifikasi, Jadwal pelaksanaan dan metode pelaksanaan.
  5. Melaksanakan evaluasi dan membuat laporan hasil pekerjaan.

Membuat laporan kemajuan dan evaluasi hasil pekerjaan.

Tugas-tugas yang harus dilakukan :
  1. Menghitung kuantitas hasil pelaksanaan pekerjaan dalam satu periode tertentu.
  2. Mengisi formulir laporan harian secara lengkap.
  3. Mengidentifikasi masalah-masalah yang timbul karena menyimpang dari rencana atau ketentuan yang ada.

Referensi
Keputusan menteri tenaga kerja dan transmigrasi republik indonesia nomor kep. 69 / MEN / III / 2009 tentang penetapan standar kompetensi kerja nasional indonesia sektor konstruksi bidang konstruksi gedung dan bangunan sipil sub bidang pengairan untuk jabatan kerja pelaksana lapangan pekerjaan bangunan pengaman pantai

Tags:

About the author
Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU

Novitasari

Halo, nama saya Novitasari, seorang konsultan bisnis profesional yang berfokus pada membantu perusahaan-perusahaan dalam memperoleh Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola proses perizinan dan mengoptimalkan regulasi bisnis untuk berbagai industri.

Sebagai seorang konsultan bisnis, visi saya adalah untuk memberdayakan perusahaan-perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan yang berkelanjutan. Saya percaya bahwa proses perizinan yang efisien dan berbasis risiko adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks.

Salah satu bidang keahlian saya adalah Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). OSS-RBA adalah sistem perizinan berbasis daring yang telah diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk mempermudah perizinan usaha. Saya membantu perusahaan dalam memahami dan mengikuti proses OSS-RBA dengan lancar, termasuk pengisian dokumen, koordinasi dengan lembaga terkait, dan mengatasi potensi risiko yang terkait.

Selain OSS-RBA, saya juga berfokus pada Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya membantu perusahaan dalam menyusun strategi perizinan yang efektif, mengidentifikasi potensi risiko, dan mengelola kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang relevan.

Kerjasama dengan saya sebagai konsultan bisnis akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan Anda. Saya berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat waktu, akurat, dan inovatif untuk membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. Dengan dukungan saya, perusahaan Anda dapat mengurangi hambatan birokrasi, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih menguntungkan.

Jika perusahaan Anda sedang mempertimbangkan untuk memperluas usaha atau menghadapi perubahan regulasi, saya siap membantu. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk mendiskusikan bagaimana saya dapat mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan Anda.

Pbumku.com membantu melakukan Persiapan Tender Perusahaan

Dari perencaan mengambil bidang usaha, kualifikasi sampai dengan persiapan dokumen tender dengan tujuan untuk Memenangkan Proyek


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Pbumku.com sebagai konsultan bisnis, berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis yang inovatif dan efektif untuk perusahaan di berbagai industri. Tim kami yang terdiri dari para ahli di bidang strategi, keuangan, dan operasi akan bekerja sama dengan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, termasuk analisis pasar, perencanaan strategis, dan pengembangan bisnis. Dengan pengalaman kami yang luas dan metode yang teruji, kami yakin dapat membantu perusahaan Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih sukses.

Jasa Bantuan Penerbitan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi

Berbagai persyaratan terbaru, kami memastikan semua dokumen perusahaan sesuai dengan aturan baru, sehingga perusahaan dapat fokus untuk mengikuti tender atau pengadaan. Percayakan kepada tim kami untuk proses Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp