Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU
Novitasari
1 day ago

PERBEDAAN HAK AKSES OSS V1.1 DENGAN OSS VUUCK

Berdasarkan hasil ujicoba sistem OSS UUCK dengan beberapa pelaku usaha, masih banyak pengguna/pelaku usaha yang telah memiliki akun pada sistem OSS v1.1 mengalami kesulitan untuk masuk ke sistem OSS versi UUCK (Undang-undang Cipta Kerja) berbasis risiko. Berikut penjelasan perbedaan antara hak akses pada OSS v1.1 dengan OSS vUUCK.

PERBEDAAN HAK AKSES OSS v1.1 DENGAN OSS vUUCK

Pada sistem OSS v1.1, satu hak akses yang dimiliki oleh Pengurus/Pemegang Saham dapat memproses perizinan berusaha lebih dari 1 NIB Badan Usaha, termasuk untuk jenis kegiatan usaha perorangan dan UMK. Data registrasi yang diisikan adalah data yang ada pada e-KTP bagi WNI atau Passpor bagi WNA, disertai nomor telepon dan e-mail yang unik dan valid.

Sedangkan pada sistem OSS vUUCK, untuk satu hak akses yang dimiliki oleh Direksi/Pengurus hanya dapat memproses perizinan berusaha 1 NIB badan usaha atau perorangan. Data registrasi yang diisikan adalah data yang ada pada e-KTP bagi WNI atau Passpor bagi WNA, nomor telepon, e-mail yang unik dan valid, disertai nama perusahaan dan nomor akta pengesahan terakhir untuk badan usaha. Data 1 (satu) direksi/pengurus perusahaan dapat didaftarkan untuk lebih dari 1 (satu) badan usaha, namun berbeda nama perusahaan, nomor akta pengesahan terakhir dan e-mail.

SYARAT-SYARAT YANG PERLU DISIAPKAN PELAKU USAHA KETIKA AKSES OSS vUUCK

Bagi pelaku usaha Badan Usaha atau perorangan yang sudah memiliki perizinan berusaha di sistem OSS v1.1 dapat melakukan PENGGANTIAN HAK AKSES dengan menyiapkan username dan password OSS v1.1, alamat email yang valid. Apabila pemilik hak akses lama bukan Direksi/Pengurus, maka perlu menyiapkan e-KTP bagi WNI (NIK yang belum e-KTP tidak bisa) untuk bisa dilakukan pengecekan ke sistem Dispendukcapil atau bagi warga negara asing (WNA) perlu menyiapkan paspor dimana semua elemen data pada paspor akan dibutuhkan. informasi jabatan dan nomor ponsel yang masih aktif.

Bagi pelaku usaha Badan Usaha atau perorangan baru yang belum memiliki perizinan berusaha di OSS v1.1 dapat melakukan PENDAFTARAN HAK AKSES BARU dengan mempersiapkan data NIK e-KTP atau paspor Direksi untuk Badan Usaha atau NIK e-KTP penanggungjawab perorangan, alamat email dan nomor ponsel yang valid, NPWP Badan Usaha dan nomor pengesahan perubahan akta perusahaan/badan usaha terakhir.

CARA MENGAKSES SISTEM OSS vUUCK

Bagi Pelaku Usaha yang sudah memiliki perizinan berusaha pada sistem OSS v1.1, akses ke aplikasi pada alamat https://ujicoba-uuck.oss.go.id kemudian pilih menu MASUK. Selanjutnya isikan username dan password menggunakan hak akses OSS v1.1, disertai kode captcha. Setelah berhasil login, pilih NIB badan usaha atau perorangan untuk penggantian hak akses. Cek atau ubah e-mail dengan email baru yang unik dan valid, kemudian klik tombol Proses. Sistem akan mengirimkan konfirmasi ke alamat email terbaru yang didaftarkan, silakan cek email Anda dan lakukan proses aktivasi sesuai petunjuk.

Sedangkan bagi pelaku usaha baru yang sama sekali belum memiliki hak akses perizinan berusaha pada sistem OSS v1.1, lakukan akses ke aplikasi pada alamat https://ujicoba-uuck.oss.go.id kemudian pilih menu DAFTAR. Pilih daftar sebagai UMK atau Non UMK berdasarkan batasan modal usaha/nilai investasi yang akan diajukan, pilih Jenis Pelaku Usaha. Jika Badan Usaha, inputkan nama badan usaha, nomor pengesahan akta terakhir dan data eKTP/Passpor salah satu direksi. Jika Perorangan, maka inputkan data eKTP pengurus. Klik tombol Daftar. Sistem akan mengirimkan konfirmasi ke alamat email terbaru yang didaftarkan, silakan cek email Anda dan lakukan proses aktivasi sesuai petunjuk.

Tags:

About the author
Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU

Novitasari

Halo, nama saya Novitasari, seorang konsultan bisnis profesional yang berfokus pada membantu perusahaan-perusahaan dalam memperoleh Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola proses perizinan dan mengoptimalkan regulasi bisnis untuk berbagai industri.

Sebagai seorang konsultan bisnis, visi saya adalah untuk memberdayakan perusahaan-perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan yang berkelanjutan. Saya percaya bahwa proses perizinan yang efisien dan berbasis risiko adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks.

Salah satu bidang keahlian saya adalah Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). OSS-RBA adalah sistem perizinan berbasis daring yang telah diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk mempermudah perizinan usaha. Saya membantu perusahaan dalam memahami dan mengikuti proses OSS-RBA dengan lancar, termasuk pengisian dokumen, koordinasi dengan lembaga terkait, dan mengatasi potensi risiko yang terkait.

Selain OSS-RBA, saya juga berfokus pada Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya membantu perusahaan dalam menyusun strategi perizinan yang efektif, mengidentifikasi potensi risiko, dan mengelola kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang relevan.

Kerjasama dengan saya sebagai konsultan bisnis akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan Anda. Saya berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat waktu, akurat, dan inovatif untuk membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. Dengan dukungan saya, perusahaan Anda dapat mengurangi hambatan birokrasi, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih menguntungkan.

Jika perusahaan Anda sedang mempertimbangkan untuk memperluas usaha atau menghadapi perubahan regulasi, saya siap membantu. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk mendiskusikan bagaimana saya dapat mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan Anda.

Pbumku.com membantu melakukan Persiapan Tender Perusahaan

Dari perencaan mengambil bidang usaha, kualifikasi sampai dengan persiapan dokumen tender dengan tujuan untuk Memenangkan Proyek


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Pbumku.com sebagai konsultan bisnis, berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis yang inovatif dan efektif untuk perusahaan di berbagai industri. Tim kami yang terdiri dari para ahli di bidang strategi, keuangan, dan operasi akan bekerja sama dengan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, termasuk analisis pasar, perencanaan strategis, dan pengembangan bisnis. Dengan pengalaman kami yang luas dan metode yang teruji, kami yakin dapat membantu perusahaan Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih sukses.

Jasa Bantuan Penerbitan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi

Berbagai persyaratan terbaru, kami memastikan semua dokumen perusahaan sesuai dengan aturan baru, sehingga perusahaan dapat fokus untuk mengikuti tender atau pengadaan. Percayakan kepada tim kami untuk proses Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp