Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU
Novitasari
1 day ago

Pengusaha Sulit Dapat Proyek Konstruksi di Tengah Pandemi, Solusinya?

Sektor konstruksi di Indonesia tengah bangkit setelah tekanan panjang beberapa bulan lalu seiring terjadinya tekanan ekonomi imbas pandemi virus Corona yang melanda nyaris seluruh dunia.

Meski demikian, masalah di sektor industri jasa konstruksi belum reda begitu saja. Hasil survey yang dilakukan BCI Asia, diketahui ada sejumlah kendala dalam penjualan produk jasa konstruksi yang dialami saat ini.

"Berdasarkan hasil survey kami, ditemukan ada 5 kendala utama yang dialami para Pelaku Konstruksi dalam melakukan penjualan," kata Business Development Manager BCI Asia Felix Osewald Corneles dalam webinar Construction Sales Series pada Hari Selasa 9 Juni 2020 beberapa waktu lalu.

Ia merinci, kendalanya adalah pasar yang lesu sehingga sulit untuk mendapatkan proyek baru. Kedua, kesulitan untuk mendapatkan kontak pengambil keputusan di proyek. Ketiga, kesulitan mencari proyek yang sesuai dengan produk yang dijual.

Lalu ke empat tidak mempunyai data lengkap portfolio proyek dari klien, serta yang kelima adalah kesulitan untuk tracking perkembangan proyek yang sedang di-follow-up.

Country Manager BCI Asia Pietter Sanjayamenjelaskan, pentingnya sales produk dan jasa konstruksi melakukan pendekatan kepada decision maker sedini mungkin saat proyek masih ada di tahapan Concept, Design dan Documentation.

"Di tahapan ini Decision Maker akan mempersiapkan dan menentukan Spesifikasi Produk yang akan dipakai dalam proyek dan sangat penting bagi sales proyek dapat mengidentifikasi siapa saja Decision Maker yang terlibat dalam proyek tersebut, dalam hal ini BCI akan membantu proses identifikasi itu melalui layanan LeadManager," tutur dia.

Dijelaskan juga, ada beberapa hal yang akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan dan bagaimana cara memastikan produk Anda tetap ada dalam spesifikasi proyek.

"Terkadang banyak sales yang merasa puas saat produknya sudah masuk di dalam spesifikasi awal proyek, padahal perlu diingat bahwa ini baru awal dari perjalanan," jelas dia.

Hal yang sebenarnya perlu dilakukan, lanjut dia, adalah untuk memastikan produk yang ditawarkan benar-benar digunakan pada saat pelaksanaan proyek.

"Caranya adalah melakukan follow-up yang memfokuskan pada layanan seperti kecepatan respon, memastikan ketersediaan barang, dan yang paling penting adalah melakukan Building
Relationship berdasarkan trust kepada para Decision Maker seperti Pemilik Proyek, Arsitek, Konsultan, Kontraktor hingga Sub-Kontraktor yang terlibat," tegas dia.

Di dalam webinar yang dihadiri lebih dari 190 pelaku usaha produk dan jasa konstruksi tanah air ini, beberapa pelaku usaha juga mengeluhkan tentang kesulitan bertemu dengan Decision Maker dalam kondisi PSBB di berbagai daerah.

"Adanya social distancing akan menyulitkan bagi sales proyek untuk melakukan pendekatan kepada Decision Maker proyek konstruksi secara face to face. Dengan menggunakan layanan LeadManager sales proyek tidak perlu lagi melakukan canvassing ataupun project visit yang mengharuskan tatap muka langsung dalam pencarian informasi proyek," ungkap dia.

Tags:

About the author
Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU

Novitasari

Halo, nama saya Novitasari, seorang konsultan bisnis profesional yang berfokus pada membantu perusahaan-perusahaan dalam memperoleh Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola proses perizinan dan mengoptimalkan regulasi bisnis untuk berbagai industri.

Sebagai seorang konsultan bisnis, visi saya adalah untuk memberdayakan perusahaan-perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan yang berkelanjutan. Saya percaya bahwa proses perizinan yang efisien dan berbasis risiko adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks.

Salah satu bidang keahlian saya adalah Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). OSS-RBA adalah sistem perizinan berbasis daring yang telah diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk mempermudah perizinan usaha. Saya membantu perusahaan dalam memahami dan mengikuti proses OSS-RBA dengan lancar, termasuk pengisian dokumen, koordinasi dengan lembaga terkait, dan mengatasi potensi risiko yang terkait.

Selain OSS-RBA, saya juga berfokus pada Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya membantu perusahaan dalam menyusun strategi perizinan yang efektif, mengidentifikasi potensi risiko, dan mengelola kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang relevan.

Kerjasama dengan saya sebagai konsultan bisnis akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan Anda. Saya berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat waktu, akurat, dan inovatif untuk membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. Dengan dukungan saya, perusahaan Anda dapat mengurangi hambatan birokrasi, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih menguntungkan.

Jika perusahaan Anda sedang mempertimbangkan untuk memperluas usaha atau menghadapi perubahan regulasi, saya siap membantu. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk mendiskusikan bagaimana saya dapat mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan Anda.

Pbumku.com membantu melakukan Persiapan Tender Perusahaan

Dari perencaan mengambil bidang usaha, kualifikasi sampai dengan persiapan dokumen tender dengan tujuan untuk Memenangkan Proyek


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Pbumku.com sebagai konsultan bisnis, berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis yang inovatif dan efektif untuk perusahaan di berbagai industri. Tim kami yang terdiri dari para ahli di bidang strategi, keuangan, dan operasi akan bekerja sama dengan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, termasuk analisis pasar, perencanaan strategis, dan pengembangan bisnis. Dengan pengalaman kami yang luas dan metode yang teruji, kami yakin dapat membantu perusahaan Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih sukses.

Jasa Bantuan Penerbitan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi

Berbagai persyaratan terbaru, kami memastikan semua dokumen perusahaan sesuai dengan aturan baru, sehingga perusahaan dapat fokus untuk mengikuti tender atau pengadaan. Percayakan kepada tim kami untuk proses Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp