Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU
Novitasari
1 day ago

Pengertian Sekretaris

ijinkonstruksi.com – Apa yang dimaksud dengan sekretaris.....???? Istilah sekretaris “berasal dari kata Latin secretum yang berarti rahasia. Dari kata secretum itu terbentuk kata secretarius yang berarti petugas atau karyawan kepercayaan”. Sedangkan dari bahasa Inggris disebut secretary yang mempunyai arti sekretaris. Dilihat dari asal kata tersebut maka sekretaris dapat diartikan seseorang yang dipercaya untuk memegang rahasia. Oleh karena itu setiap sekretaris dituntut untuk mampu menyimpan rahasia perusahaannya.

Seorang sekretaris harus mempunyai sifat tanggap, aktif dan kreatif karena sebagai sekretaris perusahaan memiliki tugas yang cukup padat. Oleh karena itu, sekretaris harus cekatan dan selalu mempunyai inisiatif sendiri tanpa harus menunggu perintah atasan.

Pengertian Sekretaris

Secara Umum sekretaris adalah orang yang bertugas membantu dan melayani serta meringankan tugas-tugas pimpinan serta sekaligus sebagai orang yang dapat dipercaya oleh pimpinan untuk memegang rahasia.

Dalam Webster’s New Dictionary of American Language College disebutkan bahwa sekretaris merupakan seseorang yang ditugaskan untuk menyimpan arsip atau dokumen, menyelenggarakan aktivitas korespondensi serta pekerjaan tulis menulis lainnya, untuk kepentingan organisasi maupun individu (Secretary is a person employed to keep record, take care correspondence and other writing task, etc. for an organization or individual). Dengan demikian,tugas sekretaris menurut penjelasan dalam Kamus Webster tersebut sebenarnya sangat sederhana, yaitu hanya berhubungan dengan pengelolaan arsip atau dokumen serta pekerjaan surat-menyurat atau korespondensi.

Menurut Louis C. Nanassy dan William Selden yang dikutip oleh Sutarto (1997:4) : “Sekretaris adalah seorang pegawai kantor yang memiliki kedudukan yang lebih bertanggungjawab daripada seorang stenographer dan tugas – tugasnya yang biasanya meliputi pengambilan dan penyalinan dikte, berurusan dengan publik untuk menjawab telepon, mengundang pertemuan, membuat perjanjian, dan memelihara atau mengarsip warkat – warkat, surat – surat dan lain – lain. Seorang Sekretaris sering bertindak sebagai seorang pembantu adminstrasi atau pimpinan muda”.

Menurut Ikatan Sekretaris di Amerika (TheProfessional Secretary International), yang dimaksud dengan sekretaris adalah “an assistant to an executive possessing mastery of office skilland ability to assume responsibility without direct supervision, who display initiative, exercises judgmentand makes decisions within the scope of her authority” (seorang sekretaris adalah pembantu pimpinan eksekutif yang mempunyai keterampilan dan pengetahuan administrasi perkantoran,serta mengetahui apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya, tanpa harus diberi pengarahan terlebih dahulu oleh pimpinan, serta mampu berinisiatif, memberikan pertimbangan serta membuat keputusan yang tidak bertentangan dengan kewenangannya sebagai seorang sekretaris).

Pengertian sekretaris menurut Betty Hutchinson dan Carol Milano dikutip oleh Ursula Ernawati (2004:1) adalah seorang profesional. Sebagai Profesional, maka diharapkan menampilkan aneka macam tangungjawab tugas kesekretaisan dengan penuh kompetensi, dapat dipercaya dan berkepribadian.

Braum dan Portugal (dalam The Liang Gie, 1992) yang menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan sekretaris adalah seorang asisten pimpinan yang melakukan pendiktean, menyiapkan korespondensi, menerima tamu, mengecek,atau mengingatkan pimpinan mengenai kewajiban,atau perjanjian dinasnya, dan melakukan kegiatan terkait lainnyadalam rangka meningkatkan tugas pimpinan secara efektif.

Menurut Wursanto, (2002:25) yang dikutip Saiman sekretaris adalah seorang pegawai yang bertugas membantu pimpinan kantor dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan detail kepala atau pimpinannya.

Menurut Sedarmayanti (2005:11), menyatakan bahwa pengertian sekretaris adalah satuan organisasi yang melaksanakan rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan perkantorandan bantuan lainnya, yang dilaksanakan sebagai kegiatan penunjang, supaya tujuan organisasi dapat dicapai dengan lebih lancar.

Pimpinan memerlukan seorang sekretaris untuk membantunya dalam menyelesaikan semua pekerjaan dikantor.Dengan demikian kedudukan seorang sekretaris merupakan orang yang pertama membantu pimpinan dalam melaksanakan dan menyelesaikan semua pekerjaan yang ada dikantor.

Referensi
Agus M. Hardjana. (1998). Sekretaris Kedudukan, Tata Kerja, dan Kepribadiannya. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Rumsari Hadi Sumarto. (2000). Sekretaris Profesional. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Saiman. (2002). Manajemen Sekretaris. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sutarto. (1997). Sekretaris dan Tatawarkat. Yogyakarta: Gajah Mada.

Tags:

About the author
Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU

Novitasari

Halo, nama saya Novitasari, seorang konsultan bisnis profesional yang berfokus pada membantu perusahaan-perusahaan dalam memperoleh Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola proses perizinan dan mengoptimalkan regulasi bisnis untuk berbagai industri.

Sebagai seorang konsultan bisnis, visi saya adalah untuk memberdayakan perusahaan-perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan yang berkelanjutan. Saya percaya bahwa proses perizinan yang efisien dan berbasis risiko adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks.

Salah satu bidang keahlian saya adalah Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). OSS-RBA adalah sistem perizinan berbasis daring yang telah diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk mempermudah perizinan usaha. Saya membantu perusahaan dalam memahami dan mengikuti proses OSS-RBA dengan lancar, termasuk pengisian dokumen, koordinasi dengan lembaga terkait, dan mengatasi potensi risiko yang terkait.

Selain OSS-RBA, saya juga berfokus pada Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya membantu perusahaan dalam menyusun strategi perizinan yang efektif, mengidentifikasi potensi risiko, dan mengelola kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang relevan.

Kerjasama dengan saya sebagai konsultan bisnis akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan Anda. Saya berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat waktu, akurat, dan inovatif untuk membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. Dengan dukungan saya, perusahaan Anda dapat mengurangi hambatan birokrasi, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih menguntungkan.

Jika perusahaan Anda sedang mempertimbangkan untuk memperluas usaha atau menghadapi perubahan regulasi, saya siap membantu. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk mendiskusikan bagaimana saya dapat mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan Anda.

Pbumku.com membantu melakukan Persiapan Tender Perusahaan

Dari perencaan mengambil bidang usaha, kualifikasi sampai dengan persiapan dokumen tender dengan tujuan untuk Memenangkan Proyek


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Pbumku.com sebagai konsultan bisnis, berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis yang inovatif dan efektif untuk perusahaan di berbagai industri. Tim kami yang terdiri dari para ahli di bidang strategi, keuangan, dan operasi akan bekerja sama dengan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, termasuk analisis pasar, perencanaan strategis, dan pengembangan bisnis. Dengan pengalaman kami yang luas dan metode yang teruji, kami yakin dapat membantu perusahaan Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih sukses.

Jasa Bantuan Penerbitan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi

Berbagai persyaratan terbaru, kami memastikan semua dokumen perusahaan sesuai dengan aturan baru, sehingga perusahaan dapat fokus untuk mengikuti tender atau pengadaan. Percayakan kepada tim kami untuk proses Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp