Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU
Novitasari
1 day ago

Cara Mendapatkan SKT Untuk Bekerja di Perusahaan Konstruksi

Setiap tenaga kerja konstruksi wajib memiliki SKT atau sertifikat keterampilan. SKT ini berfungsi sebagai bukti yang menunjukkan bahwa seorang tenaga kerja konstruksi memiliki keahlian atau keterampilan di bidang tertentu. Bagi yang belum memiliki SKT, dapat mencoba cara mendapatkan SKT sesuai bidangnya. Di bidang konstruksi, sertifikat ini menjadi hal yang sangat penting. Untuk mengurus SKT, Anda dapat mengurusnya secara mandiri ke kantor atau melalui jasa pengurusan SKA SKT. 


Tujuan Pembuatan SKT

  • Memenuhi Persyaratan Undang Undang Jasa Konstruksi

Memiliki SKT adalah kewajiban bagi tenaga ahli, khususnya tenaga konstruksi. Pasalnya memiliki SKT sudah tercatat dalam Peraturan Pemerintah Indonesia, lebih tepatnya dalam Undang Undang Jasa Konstruksi Nomor 18 Th 1999. Hal ini berlaku untuk WNI karena termasuk salah satu kewajiban warga negara Indonesia sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap keterampilan yang dimiliki.

  • Bentuk Pertanggungjawaban Keterampilan Terhadap Masyarakat

SKT menjadi bagian dari pertanggungjawaban seorang tenaga konstruksi terhadap masyarakat. Hal ini bertujuan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat untuk tidak meragukan keterampilan dan keahlian yang Anda miliki.

  • Bentuk Pertanggungjawaban Keterampilan Terhadap Perusahaan

Selain sebagai bentuk pertanggungjawaban sebagai warga negara yang baik dan terhadap masyarakat, SKT juga menjadi bentuk pertanggungjawaban terhadap perusahaan tempat Anda bekerja. Perusahaan jasa konstruksi nantinya juga akan menilai kinerja dan keahlian Anda berdasarkan nilai SKT yang dimiliki.


Bagi yang belum pernah mengurus SKT, mengurus cara mendapatkan SKT tentu bukan hal yang mudah. Apalagi jika orang tersebut belum berpengalaman mengurus surat apapun. SKT biasanya digunakan sebagai bukti bagi tenaga kerja agar dapat ditetapkan sebagai PJT atau Penanggung Jawab Teknik.


Syarat Umum Pembuatan SKT

Untuk mendapatkan SKT adalah beberapa syarat yang wajib dipenuhi yaitu sebagai berikut:

  • Fotokopi kartu identitas (KTP)

  • Fotokopi ijazah minimal SMA sederajat

  • Pas foto berukuran 3x4

  • Swafoto memegang ijazah asli 

  • Alamat email dan nomor hp yang masih aktif

  • Mengisi formulir dan daftar riwayat hidup


Syarat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Pengajuan SKT Terampil

Biaya untuk pembuatan SKT berbeda-beda, tergantung dari kelasnya yaitu tenaga terampil kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Selain itu persyaratan yang dibutuhkan untuk masing-masing kelas juga berbeda-beda. Berikut ini adalah rincian persyaratan dari masing-masing kelas.

  • SKT Kelas1

  1. Lulusan SMK yang memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun sesuai dengan jurusan

  2. Lulusan SMA/SLTA yang tidak sesuai bidangnya wajib memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun

  3. Lulusan SMP wajib memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun yang dihitung dari usia kerja  yakni ketika berusia 17 tahun

  • SKT Kelas 2

  1. Lulusan SMK yang sesuai dengan bidangnya wajib memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun

  2. Lulusan SMK/SLTA/D1 yang tidak sesuai dengan bidangnya wajib memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun

  3. Lulusan SMP wajib memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun yang dihitung mulai dari usia 17 tahun.

  • SKT Kelas 3

  1. Lulusan SMP/Sederajat wajib memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun terhitung dari usia 17 tahun

  2. Lulusan SD/sederajat wajib memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun yang dihitung dari usia 17 tahun

  3. Tidak memiliki ijazah wajib memiliki pengalaman kerja selama 6 tahun yang dihitung dari usia 17 tahun. 


Cara Mengurus SKT Dengan Bantuan Biro Jasa

SKT dikeluarkan oleh LPJK atau Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi. Sertifikat ini berlaku selama 3 tahun. Jadi jika  masa berlakunya sudah habis, Anda perlu memperbaruinya agar dapat digunakan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengurus SKT melalui biro jasa.

  • Pertama-tama, hubungi jasa pengurusan SKT. Isi formulir pendaftaran yang disediakan secara online.

  • Lengkapi syarat pengurusan yang dikumpulkan ke pihak biro jasa. Jika secara online, scan berkas tersebut kemudian kirim dalam bentuk soft file atau bisa juga melalui ekspedisi. Jika secara offline, Anda dapat langsung menyerahkannya saat bertemu.

  • Tunggu prosesnya sampai pihak biro jasa menginformasikan bahwa SKT Anda sudah selesai dibuat dan rincian biaya yang harus dibayar untuk mengurusnya

  • Setelah selesai, Anda dapat menerima sertifikat tersebut dan memeriksa nama Anda di LPJK untuk memastikan keasliannya.


Namun perlu diketahui bahwa walaupun cara mendapatkan SKT cukup mudah jika Anda tidak mempercayakannya dari biro jasa terpercaya, maka hasilnya juga belum tentu maksimal. Jadi pastikan Anda mencari jasa pengurusan SKT yang terpercaya.

Tags:

About the author
Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU

Novitasari

Halo, nama saya Novitasari, seorang konsultan bisnis profesional yang berfokus pada membantu perusahaan-perusahaan dalam memperoleh Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola proses perizinan dan mengoptimalkan regulasi bisnis untuk berbagai industri.

Sebagai seorang konsultan bisnis, visi saya adalah untuk memberdayakan perusahaan-perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan yang berkelanjutan. Saya percaya bahwa proses perizinan yang efisien dan berbasis risiko adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks.

Salah satu bidang keahlian saya adalah Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). OSS-RBA adalah sistem perizinan berbasis daring yang telah diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk mempermudah perizinan usaha. Saya membantu perusahaan dalam memahami dan mengikuti proses OSS-RBA dengan lancar, termasuk pengisian dokumen, koordinasi dengan lembaga terkait, dan mengatasi potensi risiko yang terkait.

Selain OSS-RBA, saya juga berfokus pada Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya membantu perusahaan dalam menyusun strategi perizinan yang efektif, mengidentifikasi potensi risiko, dan mengelola kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang relevan.

Kerjasama dengan saya sebagai konsultan bisnis akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan Anda. Saya berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat waktu, akurat, dan inovatif untuk membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. Dengan dukungan saya, perusahaan Anda dapat mengurangi hambatan birokrasi, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih menguntungkan.

Jika perusahaan Anda sedang mempertimbangkan untuk memperluas usaha atau menghadapi perubahan regulasi, saya siap membantu. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk mendiskusikan bagaimana saya dapat mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan Anda.

Pbumku.com membantu melakukan Persiapan Tender Perusahaan

Dari perencaan mengambil bidang usaha, kualifikasi sampai dengan persiapan dokumen tender dengan tujuan untuk Memenangkan Proyek


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Pbumku.com sebagai konsultan bisnis, berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis yang inovatif dan efektif untuk perusahaan di berbagai industri. Tim kami yang terdiri dari para ahli di bidang strategi, keuangan, dan operasi akan bekerja sama dengan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, termasuk analisis pasar, perencanaan strategis, dan pengembangan bisnis. Dengan pengalaman kami yang luas dan metode yang teruji, kami yakin dapat membantu perusahaan Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih sukses.

Jasa Bantuan Penerbitan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi

Berbagai persyaratan terbaru, kami memastikan semua dokumen perusahaan sesuai dengan aturan baru, sehingga perusahaan dapat fokus untuk mengikuti tender atau pengadaan. Percayakan kepada tim kami untuk proses Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp