Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU
Novitasari
1 day ago

Cara Mendapatkan SKA Teknik Sipil yang Wajib Diketahui

Bagi lulusan Teknik Sipil yang ingin bekerja di bidang konstruksi wajib untuk mengetahui cara mendapatkan SKA Teknik Sipil sebelum mendapatkan pekerjaan tersebut. Adanya SKA tersebut secara tidak langsung sebenarnya menunjukkan kesiapan tenaga kerja konstruksi di sebuah negara. Hal ini penting untuk mendukung proses pekerjaan konstruksi yang aman, berkualitas, dan berkelanjutan.

Proses penyelenggaraan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan mewajibkan ketersediaan SDM atau tenaga kerja konstruksi yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang memadai. Seorang lulusan teknik sipil dapat dikatakan kompeten ketika memiliki sertifikat yang menjadi bukti kompetensinya. Dengan adanya sertifikat tersebut, pemilik sertifikat dapat menjadikannya sebagai bukti keahlian dan pengakuan legal terhadap ilmu atau kompetensi yang dimilikinya.

SKA diperoleh dari pengalaman tenaga selama ini dan memiliki sikap kerja yang sesuai Standar Kompetensi Kerja yang telah ditetapkan dalam Undang Undang Nomor 2 Th 2017 mengenai Jasa Konstruksi dan Undang Undang Nomor 13 th 2003 mengenai Ketenagakerjaan.


Fungsi SKA Tenaga Kerja Konstruksi

Semua tenaga kerja konstruksi saat ini diwajibkan memiliki SKA. Fungsi utama dari SKA adalah sebagai bukti bahwa seorang tenaga konstruksi memiliki keterampilan atau keahlian agar dapat menampilkan kompetensinya. Berikut ini adalah beberapa fungsi SKA 

  • Program pembinaan pelatihan dan pembinaan kompetensi konstruksi secara berkelanjutan di level ahli atau terampil

  • Menunjukkan kekuatan dan kemampuan tenaga kerja konstruksi Indonesia dalam rangka mendukung sektor konstruksi yang berdaya saing dan inovatif

  • Membuat usaha jasa konstruksi di tanah air agar lebih handal, kokoh, memiliki daya saing tinggi, dan memberikan pekerjaan konstruksi yang berkualitas.

  • Memenuhi tuntutan kebutuhan tenaga kerja konstruksi domestic maupun internasional

  • Mendukung profesionalisme tenaga kerja konstruksi

  • Menjamin kualitas kompetensi SDM konstruksi sesuai pelatihan dan keterampilannya

  • Meyakinkan para kontraktor atau investor dari luar negeri ketika hendak merekrut tenaga kerja konstruksi dari Indonesia.


Syarat Pendidikan SKA Teknik Sipil

Bagi lulusan sarjana Teknik Sipil ada beberapa sertifikat keahlian yang dapat diajukan untuk  di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Ahli Teknik Bangunan Gedung

  • Ahli Teknik Jembatan

  • Ahli Teknik Jalan

  • Ahli Keselamatan Jalan

  • Ahli Teknik Terowongan

  • Ahli Teknik Jalan Rel

  • Ahli Teknik Landasan Terbang

  • Ahli Teknik Sumber Daya Air

  • Ahli Teknik Dermaga

  • Ahli Teknik Pembongkaran Bangunan

  • Ahli Geoteknik

  • Ahli Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan

  • Ahli Teknik Bendungan Besar

  • Ahli Teknik Bangunan Lepas Pantai


Cara Mendapatkan SKA

SKA diterbitkan oleh LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi). Untuk cara mendapatkan SKA Teknik Sipil, Anda tentu wajib mengetahui langkah – langkah atau prosedur yang harus dilakukan. Berikut adalah cara mendapatkan SKA bagi tenaga kerja konstruksi Indonesia


  • Pemohon SKA mengajukan surat permohonan sertifikat. Surat tersebut dilengkapi dengan dokumen sesuai format berkas elektronik sesuai persyaratan pada LPJK lewat asosiasi. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut

  1. Mengisi data pribadi

  2. Dokumen pindaian KTP pemohon

  3. Dokumen pindaian NPWP pemohon untuk tenaga kerja kualifikasi jabatan ahli atau teknisi

  4. Swafoto pemohon saat proses pendaftaran

  5. Alamat surat elektronik (e-mail) yang aktif dan nomor telepon untuk setiap identitas


  • Permohonan Konversi SKA ke Sertifikat Elektronik

  1. Pemohon wajib menyertakan pindaian SKA

  2. Pemohon konversi SKA bentuk fisik ke sertifikat elektronik dapat mengklaim e-sertifikat dari situs LPJK.


Demikian beberapa syarat dan cara mendapatkan SKA untuk lulusan Teknik Sipil. Adanya SKA ini tentu membantu para tenaga konstruksi dari lulusan Teknik Sipil untuk memiliki spesialisasi keterampilan sesuai dengan bidangnya.

Adanya tenaga konstruksi yang ahli di bidangnya tentu dapat mewujudkan infrastruktur yang berkualitas baik di dalam negeri maupun luar negeri. Tenaga tersebut memiliki kompetensi karena sudah mengikuti proses penilaian atau asesmen dari lembaga resmi. Tenaga kerja yang sudah dinyatakan kompeten ini akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti kompetensinya. 

Jadi bagi Anda yang belum memiliki sertifikat keahlian dapat segera mencoba cara mendapatkan SKA Teknik Sipil sesuai dengan bidang keahlian yang diharapkan. Pastikan Anda menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar proses untuk mendapatkan SKA tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Tags:

About the author
Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU

Novitasari

Halo, nama saya Novitasari, seorang konsultan bisnis profesional yang berfokus pada membantu perusahaan-perusahaan dalam memperoleh Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola proses perizinan dan mengoptimalkan regulasi bisnis untuk berbagai industri.

Sebagai seorang konsultan bisnis, visi saya adalah untuk memberdayakan perusahaan-perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan yang berkelanjutan. Saya percaya bahwa proses perizinan yang efisien dan berbasis risiko adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks.

Salah satu bidang keahlian saya adalah Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). OSS-RBA adalah sistem perizinan berbasis daring yang telah diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk mempermudah perizinan usaha. Saya membantu perusahaan dalam memahami dan mengikuti proses OSS-RBA dengan lancar, termasuk pengisian dokumen, koordinasi dengan lembaga terkait, dan mengatasi potensi risiko yang terkait.

Selain OSS-RBA, saya juga berfokus pada Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya membantu perusahaan dalam menyusun strategi perizinan yang efektif, mengidentifikasi potensi risiko, dan mengelola kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang relevan.

Kerjasama dengan saya sebagai konsultan bisnis akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan Anda. Saya berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat waktu, akurat, dan inovatif untuk membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. Dengan dukungan saya, perusahaan Anda dapat mengurangi hambatan birokrasi, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih menguntungkan.

Jika perusahaan Anda sedang mempertimbangkan untuk memperluas usaha atau menghadapi perubahan regulasi, saya siap membantu. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk mendiskusikan bagaimana saya dapat mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan Anda.

Pbumku.com membantu melakukan Persiapan Tender Perusahaan

Dari perencaan mengambil bidang usaha, kualifikasi sampai dengan persiapan dokumen tender dengan tujuan untuk Memenangkan Proyek


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Pbumku.com sebagai konsultan bisnis, berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis yang inovatif dan efektif untuk perusahaan di berbagai industri. Tim kami yang terdiri dari para ahli di bidang strategi, keuangan, dan operasi akan bekerja sama dengan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, termasuk analisis pasar, perencanaan strategis, dan pengembangan bisnis. Dengan pengalaman kami yang luas dan metode yang teruji, kami yakin dapat membantu perusahaan Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih sukses.

Jasa Bantuan Penerbitan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi

Berbagai persyaratan terbaru, kami memastikan semua dokumen perusahaan sesuai dengan aturan baru, sehingga perusahaan dapat fokus untuk mengikuti tender atau pengadaan. Percayakan kepada tim kami untuk proses Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp