Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU
Novitasari
1 day ago

Biaya Operasional Alat Berat, Begini Cara Perhitungannya!

Biaya Operasional Alat Berat, Begini Cara Perhitungannya. Biaya pengoperasian peralatan konstruksi hanya berlaku saat mesin mulai beroperasi. Biaya operasi tergantung pada periode operasi (Jam), lokasi situs konstruksi, kondisi situs di mana mesin dioperasikan, jenis dan kategori peralatan.

Berikut ini berbagai biaya operasional pada alat berat. Ada tujuh jenis utama biaya yang berasal dari biaya operasi suatu peralatan:

  • Biaya Perbaikan dan Pemeliharaan
  • Biaya Bahan Bakar
  • Biaya Ban
  • Biaya filter, oli, dan oli pelumas
  • Upah Operator Peralatan
  • Biaya Penggantian bagian peralatan aus yang tinggi
  • Mobilisasi, demobilisasi dan Biaya Perakitan
Biaya Operasional Alat Berat, Begini Cara Perhitungannya!

Gambar Biaya Operasional Alat Berat, Begini Cara Perhitungannya!

1. Biaya untuk Perbaikan dan Perawatan

Biaya ini adalah jumlah yang diperlukan untuk perbaikan dan pemeliharaan peralatan konstruksi yang mengalami keausan karena operasi sehari-hari yang dilakukannya. Biaya Perbaikan dan Pemeliharaan mencakup persentase substansial dalam biaya operasi keseluruhan. Biaya ini termasuk:

  • Biaya penggantian bagian peralatan
  • Biaya Tenaga Kerja
  • Biaya untuk fasilitas yang diatur untuk perbaikan dan pemeliharaan peralatan

Biaya ini meningkat seiring bertambahnya usia peralatan. Perawatan peralatan konstruksi yang tepat dan tepat waktu membantu mengurangi biaya perbaikan dan perawatan seiring waktu. Sebagian besar perbaikan kecil dilakukan di situs tanpa penundaan. Perbaikan besar dapat dilakukan di fasilitas khusus yang disiapkan untuk peralatan oleh dealer yang terampil dan berwenang.

Biaya perbaikan dan pemeliharaan tahunan peralatan dihitung sebagai persentase dari biaya penyusutan tahunan peralatan. Biaya ini juga dapat ditentukan dengan meninjau catatan masa lalu dari peralatan yang sama atau dengan mengacu pada pedoman pabrikan dari peralatan tersebut.

2. Biaya Operasional Alat Berat: Bahan Bakar

Mesin pembakaran internal memberikan daya ke peralatan konstruksi dengan menggunakan bensin atau solar sebagai bahan bakar. Jumlah bahan bakar yang dikonsumsi tergantung pada sifat kondisi kerja dan rated flywheel horsepower (fwhp).

Horswheel horsepower didefinisikan sebagai kekuatan yang diperlukan untuk mengoperasikan peralatan.

Konsumsi bahan bakar setiap jam dapat diperkirakan dengan memeriksa catatan masa lalu bahan bakar yang dikonsumsi oleh peralatan serupa di bawah kondisi kerja yang serupa. Dengan tidak adanya catatan masa lalu, konsumsi bahan bakar peralatan yang diberikan oleh produsen dapat digunakan untuk memperkirakan biaya bahan bakar.

3. Biaya Operasional Alat Berat: Ban

Biaya ban memiliki dua biaya utama, biaya perbaikan ban dan biaya penggantian. Biaya ban pneumatik berada di bawah kategori biaya operasi.

Perlu dicatat bahwa ban pneumatik cepat aus dibandingkan dengan peralatan. Lebih cepat keausan, lebih pendek umur ban.

Biaya perbaikan ban = Persentase biaya penyusutan ban.

Di sini juga, biaya perbaikan dapat diperoleh dari catatan masa lalu dari peralatan serupa yang bekerja di bawah kondisi lingkungan yang serupa.

4. Biaya Operasional Alat Berat: Upah Operator

Upah per jam dan manfaat tambahan yang diberikan kepada operator juga berada di bawah biaya operasi peralatan. Biaya ini termasuk upah normal, bonus, tunjangan sampingan, dll.

Upah operator berbeda dengan proyek. Biasanya dihitung sebagai kategori biaya terpisah dan akhirnya ditambahkan ke biaya operasi.

5. Biaya Penggantian Peralatan yang Cepat Aus

Beberapa bagian peralatan memiliki masa pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan masa kerja peralatan. Karenanya ini dikategorikan sebagai barang yang mudah aus. Ini termasuk ujung tombak, mata bor, gigi ember, pisau, dll.

Umur normal yang diharapkan dari barang-barang ini dapat diperkirakan baik dari catatan masa lalu atau dari pedoman pembuatan.

6. Biaya Mobilisasi, demobilisasi dan Perakitan

Biaya ini termasuk:

  • Biaya transportasi dari satu proyek ke proyek lainnya
  • Biaya untuk pembongkaran
  • Biaya perakitan di lokasi proyek
  • Izin Jalan

7. Biaya Oli, pelumas pasta, dan filter

Jumlah pelumas oli dan filter tergantung pada frekuensi perubahan, jam operasi, karakteristik mesin, dan kondisi kerja di lokasi konstruksi.

Periode waktu antara perubahan dapat ditentukan dari catatan sebelumnya.

Kuantitas oli pelumas Diperlukan oleh Mesin = Jumlah ditambahkan selama perubahan lengkap + Jumlah lebih kecil ditambahkan antara perubahan.

Tags:

About the author
Profil Novitasari: Konsultan Bisnis Profesional dalam Mendukung Perizinan Berusaha Berbasis Risiko RBA dan PBUMKU

Novitasari

Halo, nama saya Novitasari, seorang konsultan bisnis profesional yang berfokus pada membantu perusahaan-perusahaan dalam memperoleh Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola proses perizinan dan mengoptimalkan regulasi bisnis untuk berbagai industri.

Sebagai seorang konsultan bisnis, visi saya adalah untuk memberdayakan perusahaan-perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan yang berkelanjutan. Saya percaya bahwa proses perizinan yang efisien dan berbasis risiko adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks.

Salah satu bidang keahlian saya adalah Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). OSS-RBA adalah sistem perizinan berbasis daring yang telah diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk mempermudah perizinan usaha. Saya membantu perusahaan dalam memahami dan mengikuti proses OSS-RBA dengan lancar, termasuk pengisian dokumen, koordinasi dengan lembaga terkait, dan mengatasi potensi risiko yang terkait.

Selain OSS-RBA, saya juga berfokus pada Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PBUMKU). Saya membantu perusahaan dalam menyusun strategi perizinan yang efektif, mengidentifikasi potensi risiko, dan mengelola kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang relevan.

Kerjasama dengan saya sebagai konsultan bisnis akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan Anda. Saya berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat waktu, akurat, dan inovatif untuk membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. Dengan dukungan saya, perusahaan Anda dapat mengurangi hambatan birokrasi, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih menguntungkan.

Jika perusahaan Anda sedang mempertimbangkan untuk memperluas usaha atau menghadapi perubahan regulasi, saya siap membantu. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk mendiskusikan bagaimana saya dapat mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan Anda.

Pbumku.com membantu melakukan Persiapan Tender Perusahaan

Dari perencaan mengambil bidang usaha, kualifikasi sampai dengan persiapan dokumen tender dengan tujuan untuk Memenangkan Proyek


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Pbumku.com sebagai konsultan bisnis, berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis yang inovatif dan efektif untuk perusahaan di berbagai industri. Tim kami yang terdiri dari para ahli di bidang strategi, keuangan, dan operasi akan bekerja sama dengan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, termasuk analisis pasar, perencanaan strategis, dan pengembangan bisnis. Dengan pengalaman kami yang luas dan metode yang teruji, kami yakin dapat membantu perusahaan Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih sukses.

Jasa Bantuan Penerbitan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi

Berbagai persyaratan terbaru, kami memastikan semua dokumen perusahaan sesuai dengan aturan baru, sehingga perusahaan dapat fokus untuk mengikuti tender atau pengadaan. Percayakan kepada tim kami untuk proses Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp